Selasa, 10 April 2012

Guidelines and Ethical Considerations for Assessment Center Operations (translated to bahasa) - part 10, habis


Pedoman  dan Pertimbangan Etik Pelaksanaan Assessment Center 
International Task Force on Assessment Center Guidelines
(diterbitkan dalam International Journal of Selection and Assessment, Volume 17 Number 3 September 2009, Blackwell Publishing Ltd)
diterjemahkan oleh: ahmad fuady


10.  Hak-hak peserta assessment center (assessee)
Aktifitas assessment center menghasilkan data dalam jumlah yang banyak tentang assessee. Data-data ini diperoleh dari berbagai sumber, yang mungkin berasal dari catatan observer, laporan tentang performa assessee dalam exercise/simulasi, penilaian assessor, penilaian rekan, tes tertulis atau tes terkomputerisasi, file video dan laporan final assessment center. Daftar tersebut, walaupun tidak lengkap namun mengusulkan sejumlah informasi tentang individu yang mungkin bisa dikumpulkan dalam assessment center.

 Panduan berikut adalah usulan untuk penggunaan data-data yang tersebut:
  1. Assessee seharusnya menerima umpan balik mengenai performa mereka dalam assessment center dan seharusnya juga mendapatkan informasi mengenai rekomendasi yang diberikan terhadapnya.
  2. Assessee yang merupakan anggota dari organisasi yang bersangkutan memiliki hak untuk membaca laporan tertulis apapun terkait performa dan rekomendasi tentang mereka yang disiapkan dan diberikan pada manajemen. Pelamar pada organisasi setidak-tidaknya diberitahu mengenai apa yang menjadi rekomendasi final tentangnya dan jika mungkin atau jika diminta oleh pelamar berikut juga alasan yang mendasari rekomendasi.
  3. Untuk memastikan keamanan tes, simulasi assessment center dan laporan assessor tentang performa dalam setiap exercise/simulasi haruslah sangat dirahasiakan, namun dasar rasional dan validitas data mempertimbangkan nilai dimesi dan hasil rekomendasi seharusnya bisa diakses tergantung pada permintaan individu yang menjadi assessee.
  4. Organisasi seharusnya menginformasikan kepada assessee mengenai rekaman/catatan dan data apa saja yang dikumpulkan, yang dipelihara, yang digunakan dan yang disebarkan. Assessee seharusnya diinformasikan jika aktifitas dalam assessment center akan direkam/dicatat sebagaimana juga dilakukan jika rekaman atau data personal lainnya akan digunakan/dikirim lintas daerah/provinsi/negara baik manual maupun lewat internet. Organisasi yang mengumpulkan data selama proses assessment center sebaiknya tunduk pada regulasi proteksi data yang berlaku, seperti European Union Directive on Data Protection dan US Safe Harbor Privacy Principles.
  5. Jika organisasi memutuskan untuk menggunakan hasil assessment center untuk tujuan lain daripada tujuan awal yang diumumkan dan jika memiliki dampak pada assessee, maka pelaksana harus menginformasikan dan meminta izin kepada assessee terkait dengan penggunaan data tersebut.


Referensi
American Educational Research Association, American Psychological Association, & National Council on Measurements in Education. (1999) Standards for Educational and Psychological Testing. Washington, DC: American Psychological Association. Available at http://www.apa.org/ science/standards.html (accessed 1 August 2008).
American Psychological Association Council of Representatives. (1990) APA Guidelines for Providers of Psychological Services to Ethnic, Linguistic, and Culturally Diverse Populations. Boston: American Psychological Association. Available at http://www.apa.org/pi/guide.html (accessed 1 August 2008).
American Psychological Association Public Interest Directorate and Council of Representatives. (2002) Guidelines on Multicultural Education, Training, Research, Practice, and Organizational Change for Psychologists. Washington, DC: American Psychological Association. Available at http://www.apa.org/pi/multiculturalguidelines. pdf (accessed 1 August 2008).
International Test Commission. (2000) International Test Commission Test Adaptation Guidelines. International Test Commission. Available at http://www.intestcom.org/test_adaptation.htm (accessed 1 August 2008).
Society for Industrial and Organizational Psychology & American Psychological Association. (2003) Principles for the Validation and Use of Personnel Selection Procedures (4thedn). Bowling Green, OH: Society for Industrial and Organizational Psychology. Available at http://www.siop.org/ _Principles/principles.pdf (accessed 1 August 2008).
US Department of Commerce. (2000). Safe harbor privacy principles. Available at http://www.export.gov/safeharbor (accessed 1 August 2008).

2 komentar: