sumber: en.paperblog.com |
Soft Skills dan Karakter Pribadi yang dicari Pemberi Kerja dari Anda.
Ahmad Fuady
Palembang, 10 Februari 2012
Palembang, 10 Februari 2012
Banyak pencari kerja yang berharap menemukan rumus rahasia untuk bisa memenangkan hati dan pikiran pemberi kerja. Mereka bertanya-tanya seperti apakah kombinasi kemampuan dan karakter pribadi yang diinginkan calon pemberi kerja.
Sebenarnya setiap pemberi kerja mengharapkan beberapa keterampilan khusus dari pencari kerja yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu. Namun, terlepas dari keterampilan teknis khusus yang dibutuhkan oleh melakukan pekerjaan, ada beberapa keterampilan umum lain yang juga sangat dicari oleh pemberi kerja. Keterampilan-keterampilan ini bisa dipelajari dan ditingkatkan melalui training, menyewa pengembang pribadi professional serta mendapatkan coaching atau mentoring dari seseorang yang memahami kemampuan-kemampuan tersebut.
Kabar terbaik untuk pencari kerja, sekali anda memahami keterampilan-keterampilan dan karakteristik yang dicari pencari kerja, maka anda bisa menyesuaikan komunikasi pencarian kerja anda (surat lamaran, CV, interview) untuk menunjukkan seberapa cocok latar belakang anda dengan persyaratan-persyaratan yang diberikan pemberi kerja.
Telah banyak penelitian yang mencoba mengidentifikasi keterampilan-keterampilan penting yang dibutuhkan untuk bekerja ini, beberapa ahli menyebut keterampilan-keterampilan ini sebagai “soft skills”, sedangkan yang lain menyebutnya sebagai “employability skills”. Selanjutkan kami akan mencoba menguraikan beberapa keterampilan yang paling sering dibahas dalam penelitian-penelitian yang mengkaji soft skills.
Kemampuan yang paling dicari pemberi kerja dari anda
Jadi apa sajakah keterampilan kerja yang dituntut pemberi kerja dari pencari kerja?
1. Keterampilan Berkomunikasi. Tidak dapat dipungkiri bahawa keterampilan yang satu ini mutlak dimiliki oleh pekerja di bidang apapun mereka bekerja karena komunikasi yang baik sangat penting dalam dunia bisnis. Bentuk kemampuan komunikasi yang paling sering diminta oleh pemberi kerja adalah keterampilan mendengarkan, menulis dan berbicara dengan efektif.
Contoh penyataan yang menggambarkan kemampuan ini:
- Kami membutuhkan pendengar dan komunikator handal yang mampu dengan efektif memahami dan menyampaikan informasi secara verbal dan tertulis.
2. Keterampilan Analitis/Meneliti. Berhubungan dengan kemampuan anda untuk menilai situasi, melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang yang berbeda, mencari informasi lebih banyak dari yagn tersedia jika dibutuhkan, dan mengidentifikasi permasalahan utama yang harus dipecahkan.
Contoh pernyataan yang menggambarkan kemampuan ini:
- Memiliki keterampilan berpikira analisis yang baik dan mendemostrasikan kemampuan untuk mengenai, mencermati, mengembangkan dan menyederhanakan proses kerja yang rumit.
3. Keterampilan Komputer. Sekarang hampir semua pekerjaan menyaratkan beberapa pemahaman dasar tentang hardware dan software komputer, terutama pengolahan kata, angka dan email.
Contoh pernyataan yang menggambarkan kemampuan ini:
- Memiliki kemampuan komputer, dengan menunjukkan kemampuan mengoperasikan berbagai aplikasi yang dibutuhkan.
4. Fleksibititas/Adaptabilitas/Menangani banyak Prioritas dalam satu waktu. Berhubungan dengan kemampuan anda untuk mengelola beberapa penugasan rangkap, serangkaian prioritas, dan beradaptasi dengan kondisi yang berubah-ubah.
Contoh pernyataan yang menggambarkan kemampuan ini:
- Pemain tim yang fleksibel, yang mampu berkembang dalam kondisi yang menyaratkan kemampuan untuk memprioritaskan dan mengerjakan beberapa proyek berbeda dalam waktu yang sama.
5. Keterampilan interpersonal. Kemampuan untuk membangun dan mempertahankan hubungan baik dengan rekan kerja, mengajak orang lain untuk berpartisipasi, dan meredam terjadinya konflik dengan rekan kerja.
Contoh pernyataan yang menggambarkan kemampuan ini:
- Mampu membangun hubungan dengan keterampilan interpersonal yang baik.
6. Keterampilan Kepemimpinan/Manajemen. Hingga saat ini masih ada perdebatan tentang apakah kepemimpinan adalah bakat atau keterampilan yang berhubungan dengan kemampuan memimpin dan mengatur rekan kerja anda.
Contoh pernyataan yang menggambarkan kemampuan ini:
- Pemimpin yang berorientasi pada tujuan, yang mampu mempertahankan produktifitas, motivasi, memobilisasi dan mengbimbing bawahan untuk mencapai standar performa kerja yang tinggi.
7. Sensitifitas/Kesadaran Multikultural. Mungkin tidak ada masalah lain di tepat kerja yang lebih penting daripada ‘keberagaman/kemajemukan’ budaya. Sebagai pencari kerja anda harus bisa menunjukkan kesensitifitasan dan kesadaran anda terhadap perbedaan yang adan dengan orang lain atau budaya lain.
Contoh pernyataan yang menggambarkan kemampuan ini:
- Profesional yang memiliki berbagai kekuatan, termasuk sensitifitas budaya dan kemampuan untuk membangun hubungan baik dengan pekerja lain yang berasal dari budaya yang berbeda.
8. Perencanaan dan pengorganisasian. Berhubungan dengan kemampuan anda untuk merancang, merencanakan, mengorganisir dan melaksanakan proyek dan tugas sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan. Kemampuan ini seringkali juga melibatkan kemampuan menetapkan tujuan (goal setting).
Contoh pernyataan yang menggambarkan kemampuan ini:
- Individu yang termotivasi oleh hasil, yang bisa menunjukkan keterampilan merencanakan dan mengorganisir, serta berorientasi pada detil.
9. Pemecahan Masalah/Kreatifitas. Melibatkan kemampuan untuk menemukan solusi melalui kreatifitas, pemikiran, dan pengalaman masa lalu anda, dengan informasi dan sumber daya yang tersedia.
Contoh pernyataan yang menggambarkan kemampuan ini:
- Mampu menyelesaikan masalah dengan menghasilkan solusi yang bisa dikerjakan dan mengatasi keluhan.
10. Kerjasama. Karena sangat banyak pekerjaan yang harus dilakukan secara bersama-sama, maka anda harus memiliki kemampuan bekerjasama dengan orang lain secara profesional untuk mencapai tujuan bersama.
Contoh pernyataan yang menggambarkan kemampuan ini:
- Pemain tim yang mampu membangun hubungan saling mempercayai dengan konsumen dan rekan kerja.
Karakter pribadi yang dicari pemberi kerja dari anda
Pemberi kerja menganggap nilai pribadi serta karakter kepribadian sama pentingnya dengan keterampilan, mereka juga menuntut hal ini. Temukan bagaimana caranya untuk menampilkan beberapa karakteristik berikut dalam CV, surat lamaran dan jawaban interview anda. Selanjutnya kami akan menjabarkan 10 kategori nilai pribadi yang paling dicari pencari kerja.
1. Kejujuran/Intergritas/Moral. Pencari kerja akan lebih menghargai integritas dibanding nilai-nilai peribadi yang lain, terutama karena banyak sekali skandal-skandal perusahaan yang menjadi berita akhir-akhir ini.
Contoh pernyataan yang menggambarkan kemampuan ini:
- Profesional berpengalaman yang memiliki integritas serta kejujuran untuk dapat memimpin dengan efektif serta mengoptimalkan hubungan bisnis.
2. Adaptabilitas/Fleksibilitas. Berhubungan dengan keterbukaan terhadap ide dan konsep baru, bekerja secara mandiri ataupun dalam kelompok, serta mengerjakan banyak tugas dan proyek dalam sekali waktu.
Contoh pernyataan yang menggambarkan kemampuan ini:
- Individu yang adaptif, aktif, positif, gigih, pengambil resiko yang sabar dan bersikap terbuka pada ide baru.
3. Dedikasi/Pekerja Keras/Memiliki Etika Kerja/Ulet. Pemberi kerja mencari pencari kerja yang mencintai apa yang mereka kerjakan dan akan terus berusaha hingga mereka bisa menyelesaikan permasalahan dan menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.
Sample bullet point describing this skill:
- Pekerja produktif dengan etika kerja yang baik, yang bersedia mmeberikan usaha terbaik untuk menyelesaikan tugas.
4. Dapat diandalkan/Dapat dipercaya/Bertanggung Jawab. Semua pemberi kerja menginginkan pekerja yang tidak mangkir, datang setiap hari kerja, tepat waktu, siap untuk bekerja dan yang mau bertanggungjawab atas semua perbuatan mereka.
Contoh pernyataan yang menggambarkan kemampuan ini:
- Dapat diandalkan, bertanggung jawab dan berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan.
5. Loyalitas. Pemberi kerja menginginkan pekerja yang memiliki kesetiaan yang tinggi pada perusahaan, termasuk pada saat-saat tertentu dimana perusahaan tidak begitu loyal pada pekerja.
Contoh pernyataan yang menggambarkan kemampuan ini:
- Manajer yang loyal dan berdedikasi dengan track-record kerja yang baik.
6. Sikap Positif/Motivasi/Energi/Semangat. Pencari kerja yang dipekerjakan atau pekerja yang diperomosikan adalah orang-orang dengan motivasi tinggi dan bersemangat dalam pekerjaannya, dan juga mereka yang menunjukkan antusiame melalui kata-kata dan perbuatannya.
Contoh pernyataan yang menggambarkan kemampuan ini:
- Individu yang enerjik, mampu mempertahankan semangat kerja, riang dan memiliki sikap positif.
7. Profesionalisme. Berhubungan dengan kemampuan anda untuk bekerja dengan cara yang bertanggung jawab dan bersikap adil dalam semua perilaku anda. Sehingga anda terlihat sebagai pribadi yang matang dan percaya diri, bukan seorang yang picik.
Contoh pernyataan yang menggambarkan kemampuan ini:
- Individu yang terorganisir, berdedikasi dan berkomitmen pada profesionalisme.
8. Percaya Diri. Jika anda tidak percaya pada diri anda sendiri, pada kemampuan anda, pendidikan dan keterampilan yang anda miliki, bagaimana cara anda untuk bisa meyakinkan pemberi kerja? Percayalah pada diri anda sendiri dan apa yang bisa anda tawarkan pada pemberi kerja.
Contoh pernyataan yang menggambarkan kemampuan ini:
- Pekerja yang pecaya diri, pekerja keras, yang berkomitmen untuk meraih kesuksesan.
9. Memotivasi diri sendiri/Mampu bekerja dengan sedikit atau tanpa pengawasan. Sebagaimana kerjasama dianggap sebagai keterampilan yang sanga penting, maka kemampuan bekerja secara mandiri dengan sedikit pengawasan juga sangat penting.
Contoh pernyataan yang menggambarkan kemampuan ini:
- Individu dengan motivasi tinggi, yang mampu berinisiatif dengan pengawasan yang minim.
10. Kemauan untuk belajar. Tidak peduli berapapun umur anda, sebanyak apakah pengalaman anda, anda harus memiliki keinginan untuk mempelajari keterampilan dan teknik baru. Pekerjaan akan selalu berubah dan berkembang, dan anda harus bisa menunjukkan keterbukaan untuk berkembang dan belajar agar anda bisa mengimbangi perubahan dunia kerja.
Contoh pernyataan yang menggambarkan kemampuan ini:
- Pembelajar yang antusias, berkeinginan untuk mendapatkan tantangan dan mampu dengan cepat untuk memahami konsep baru.
Kesimpulan
Soft skills dan karakter pribadi adalah sarana penting yang anda butuhkan untuk bisa sukses mendapatkan pekerjaan dan merintis karir. Semua keterampilan serta karakter pribadi tersebut bisa anda pelajari dan kembangkan. Begitu anda mengenali, menilai tingkat kemahiran anda dan berusaha untuk mengembangkannya keterampilan-keterampilan tersebut, jangan lupa untuk mencantumkan dan mengemukakannya dalam CV, surat lamaran dan jawaban interview.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar