Sabtu, 17 Maret 2012

Guidelines and Ethical Considerations for Assessment Center Operations (translated to bahasa) - part 7


Pedoman  dan Pertimbangan Etik Pelaksanaan Assessment Center 
International Task Force on Assessment Center Guidelines
(diterbitkan dalam International Journal of Selection and Assessment, Volume 17 Number 3 September 2009, Blackwell Publishing Ltd)
diterjemahkan oleh: ahmad fuady



7.    Informasi yang harus diberikan organisasi kepada peserta 
Organisasi berkewajiban untuk mengeluarkan pengumuman sebelum assessment dilakukan, sehingga semua peserta mendapatkan informasi mengenai assessment. Opini kedua adalah memberikan informasi di awal program, karena ada variasi dalam hal pemberian informasi di setiap organisasi, setidak-tidaknya informasi yang harus diberikan kepada seluruh peserta meliputi:

1. Tujuan – tujuan program dan tujuan assessment center. Organisasi boleh memberitahukan dimensi yang akan diukur dan bentuk umum exercise/simulasi sebelum assessment dilakukan.
2. Penyeleksian peserta – bagaimana individu diseleksi untuk menjadi peserta dalam assessment center.
3. Pilihan – individu dengan bebas bisa menentukan pilihannya untuk berpartisipasi dalam assessment center sebagaimana dalam menerima pekerjaan, menentukan perkembangan dan kemajuan diri, dst.
4. Staff – informasi umum tentang tim assessor dan peran mereka sebagai observer, termasuk komposisi tim, pengalaman yang relevan, dan pelatihan yang pernah diikuti  tim assessor.
5. Material – semua material assessment center yang diselesaikan/dihasilkan oleh peserta dikumpulkan dan disimpan oleh organisasi.
6. Hasil – bagaimanakah hasil assessment center akan digunakan, rekomendasi apakah yang akan dibuat, dan sampai kapankah hasilnya akan disimpan.
7. Umpan balik – kapan, bagaimana (tertulis, tatap muka, atau menggunakan teknologi), umpan balik tipe apa (berdasarkan dimensi, exercise/simulasi, atau kombinasi) yang akan diberikan pada peserta.
8. Pengembangan – mekanisme untuk menindaklanjuti umpan balik dan pengawasan kedepan, jika ada (coaching eksternal, training, mentoring; dukungan manajemen atas/supervisor)
9. Penyelarasan – bagaimana hasil assessment center akan diselaraskan dengan strategi dan budaya organisasi, dan bagaimana hasil akan diintegrasikan dengan sistem manajemen SDM yang lain.
10. Reassessment – Prosedur assessment ulang, jika ada.
11. Akses – siapa saja yang memiliki akses pada laporan assessment center (file audio dan/atau video, jika ada) dan dalam kondisi apa.
12. Kontak – siapa yang akan menjadi contact person yang bertanggungjawab atas data dan dimana hasil assessment center akan disimpan atau diarsipkan.       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar